DINAMIKA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM MASYARAKAT

Main Article Content

Yuliana Restiviani

Abstract

Komunikasi dan budaya ibarat dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan.budaya memiliki andil untuk menentukan bagaimana orang menyandi pesan, makna yang ia miliki untuk pesan dan kondisi-kondisinya untuk mengirim, memperhatikan dan menafsirkan pesan. Komunikasi antar budaya terjadi manakala bagian yang terlibat dalam kegiatan komunikasi membawa latar belakang budaya pengalaman yang berbeda dan mencerminkan nilai yang dianut oleh kelompoknya.Individu yang berbeda budaya sering kali mengalami gagap dan kebingungan. Dalam proses komunikasi antar budaya, maka faktor bahasa verbal dan non verbal sangat menentukan dalam perkembangannya, baik berupa symbol, proses, dan sistem yang memiliki pengaruh dan peran cukup besar.

Article Details

How to Cite
Restiviani, Y. (2023). DINAMIKA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM MASYARAKAT. ENCOMMUNICATION: Journal of Communication Studies, 1(2), 108–131. https://doi.org/10.21267/ejcs.v1i2.161
Section
Articles

References

Cangara, Hafied. 2009. Pengantar Ilmu Komunikasi, edisi revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Liliweri, Alo. 2003. Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

—. 2001. Gatra-gatra Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

—. 2003. Makna Budaya Dalam Komunikasi Antar budaya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Martin, Lilian Chaney, and Jeanette Martin. 2004. Intercultural Business Communication. New Jersey: Pearson Education, Inc, Upper Saddle River.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy, and Jalaluddin Rakhmat. 2006. Komunikasi Antarbudaya:Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruben, Brent David, and Lea P Stewart. 2006. Communication and Human Behavior. United States: Allyn and Bacon.

Samovar, Larry A., Richard E. Porter, and Edwin R McDaniel. 2010. Communication Between Cultures (7th Edition ed.). Boston, USA: Wadsworth Cengage Learning.

Samovar, Larry A., Richard E. Porter, and Nemi C. Jein. 1991. Understanding Intercultural Communication. Belmont: Wadsworth Publishing Company.

Tubbs, Stewart L., and Sylvia Moss. 2001. Human Communication (Terjemahan). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.