PERAN LITERASITERHADAP HOAKS DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Mahasiswa FakultasUshuluddin Adab dan DakwahIAIN Lhokseumawe)

Main Article Content

Oknita
Maysara

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran literasi dalam menanggapi dan mengurangi penyebaran hoaks di media sosial, dengan fokus pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah di IAIN Lhokseumawe.Melalui studi kasus mendalam, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi mahasiswa dalam mengidentifikasi, memahami, dan menilai informasi yang beredar di media sosial.Metode penelitian melibatkan survei, wawancara, dan analisis konten media sosial.Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang hubungan antara literasi dan penyebaran hoaks di kalangan mahasiswa.Implikasi temuan ini mencakup pengembangan strategi literasi media yang lebih efektif untuk meningkatkan kesadaran dan ketahanan masyarakat terhadap informasi yang tidak benar, khususnya di lingkungan akademik.Penelitian ini dapat memberikan kontribusi penting dalam memahami dinamika sosial di era media sosial.

Article Details

How to Cite
Oknita, & Maysara. (2023). PERAN LITERASITERHADAP HOAKS DI MEDIA SOSIAL : (Studi Kasus Mahasiswa FakultasUshuluddin Adab dan DakwahIAIN Lhokseumawe). ENLEKTURER: Journal of Islamic Studies, 1(2), 167–184. https://doi.org/10.21266/ejis.v1i2.163
Section
Articles

References

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, dan And Hana Yunansah. Pembelajaran Literasi: “Strategi Meningkatkan Kemampuan Liteasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis.” Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Adila, Isma, Wayan Weda, dan Dian Tamitiadini. “Pengembangan Model Literasi Dan Informasi Berbasis Pancasila Dalam Menangkal Hoax.” WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 18, no. 1 (2019).

Andi, Fadli. “Etika Dan Tanggung Jawab Jurnalis Studi Pemberitaan Hoax Melalui Media Online di Kota Makassar.” Jurnalisa 4, no. 2 (2018).

Bungin Burhan. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010

Feri Sualianta. “Literasi Digital, Riset, Perkembangannya Dan Persfektif Social Studies.” Bandung: Feri Sulianta, 2020.

Gumgum Gumilar. “Literasi Media : Cerdas Menggunakan Media Sosial Dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) Oleh Siswa Sma.”Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2017).

Ilham Syaifullah. “Fenomena Hoax Di Media Sosial Dalam Pandangan Hermeneutika.” Skripsi. UIN Sunan Ampel, 2018.

Indri Ilevenia Ginting. “Kepercayaan Masyarakat Terhadap Berita Palsu/Hoax Di Facebook (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Masyarakat Kota Medan).” Universitas Sumatera Utara, 2018.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. “Materi Pendukung Literasi Digital.” Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2017.

———. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta Timur: Tim GLN Kemendikbud, 2017.

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik & Praktik. Yogyakarta: Arruzz Media, 2016.

Nasionalita, Kharisma, dan Catur Nugroho. “Indeks Literasi Digital Generasi

Nasionalita, Kharisma, dan Dan Catur Nugroho. “Indeks Literasi Digital Generasi Milenial Di Kabupaten Bandung.” Jurnal Ilmu Komunikasi 18, no. 1 (2020).

Nasrullah. “Teori Dan Riset Media Siber.” Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Nasution. “Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif.” Bandung: Tarsito, 2003.

Novanda, Ridha Rizki. “Hubungan Literasi Digital Dengan Self Direct Learning Pada Mahasiswa Di Daerah Miskin Sumatera.” Jurnal Ilmu Informasi 21, no. 1 (2019).

Novitasari, Yesi, dan Dan Mohammad Fauziddin. “Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 4 (2022).

Nurudin. “Media Sosial Baru Dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi.” Yogyakarta: Buku Litera, 2012.

Rahadi, Dedi Rianto. “Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 5, no. 1 (2017): 58–70.

Rhenald Kasali. “Riset Kualitatitf dalam Publik Relation.” Bandung: Mizan Media Utama, 2008.

Rizky Ramanda Gustam. “Karakteristik Media Sosial Dalam Membentuk Budaya Populer Korean Pop Di Kalangan Komunitas Samarinda Dan Balikpapan.” Jurnal Ilmu Komunikasi 3, no. 2 (2015).

———. “Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia).” Jakarta: Kencana, 2016.

S, Widyah Angraini. “Tinjauan Kriminologis Terhadap Tindak Pidana Pemerkosaan Yang Dilakukan Oleh Ayah Terhadap Anak Kandung.” Skripsi. Makassar, 2015.

Sahrul Mauludi. “Socrates Café, Alex Media Komputindo”,. Pondok Gede, 2018.

———. Socrates Café. Pondok Gede: Alex Media Komputindo, 2018.

Vibriza Juliswara. “Mengembangkan Model Literasi Media Yang Berkebhinnekaan Dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) Di Media Sosial.” Jurnal Sosiologi 4, no. 2 (2017).

West, Richard, dan Lynn H. Turner. “Pengantar Teori Komunikasi.” Jakarta: Salemba Humanika, 2009.