PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI MAWARIS

Main Article Content

Samhudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning  terhadap hasil belajar siswa dalam materi mawaris pada siswa kelas XII di SMAN 1 Nisam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMAN 1 Nisam yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak sederhana yakni terpilih dua kelas berjumlah 55 siswa yaitu kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang akan diajarkan dengan model PBL berjumlah 29 siswa dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol yang akan diajarkan dengan metode ceramah berjumlah 26  siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pada kedua kelas dengan bentuk dan bobot yang sama. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik. Dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 63,3 sedangkan rata-rata nilai pre-test kelas kontrol adalah 62,5. Selanjutnya setelah diberikan treatment selama 3 kali pertemuan di kelas ekperimen yakni pembelajaran materi mawaris dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, hasil post-test mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai post-test kelas eksperimen yakni 73,2 sedangkan rata-rata nilai post-test kelas kontrol yakni 68,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning memberi dampak terhadap hasil pembelajaran siswa kelas XII SMAN 1 NIsam dalam materi mawaris.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Samhudi. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI MAWARIS. ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education, 1(2), 185–206. https://doi.org/10.21268/ajcie.v1i2.148
Section
Articles

References

Al-Sabouni, Muhammad Ali. Hukum Kewarisan Menurut Al-Qur’an dan Sunnah. Jakarta: Dar Al-Kutub Al-Islamiyah, 2005.

Anshori, Abdul Ghofur. Hukum Kewarisan Islam di Indonesia Eksistensi dan Adaptasi, Edisi pertama. Yogyakarta: Ekonisia, Kampus Fakultas Ekonomi UII, 2002.

Arikanto, Suharismi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Ash-Shiddieqy, Teungku M. Hasbi. Fiqh Mawaris Hukum Pembagian Warisan Menurut Syariat Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2012.

Az-Zuhaili, Wahbah. Fiqih Islam Wa Adillatuhu 10. Jakarta: Gema Insani, 2017. Baits, Ammi Nur. Pengantar Ilmu Waris. Jogjakarta: Muamalah Jogja, 1443. Dahlan, Ahmad “Model Project Based Learning” (https://eurekapendidikan.com/model-project-based-learning-landasan) Diakses pada Selasa 29 Oktober 2023.

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi. Jakarta: Bineka Cipta, 2005.

Erisa, Hera, Agnes Herlina Dwi Hadiyanti dan Albertus Saptoro, “Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 12, No. 01, 2021.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2010.

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif . Medan: Media Persada, 2012.

Khair, M Dhamrah. Hukum Kewarisan Islam menurut Ajaran Suni. Bandar Lampung: Fakultas Syariah IAIN Raden Intan Lampung, 2011.

Muhibbin, Muhammad dan Abdul Wahid, Hukum Kewarisan Islam sebagai Pembaharuan Hukum Positif di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika, 2011.

Rahman, Fatchur. Ilmu Waris.Bandung: Alma’arif Bandung, 1975. Rajid, Sulaiman. Fiqih Islam. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2006.

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Riduan, Belajar Mudah dalam Penelitian untuk Guru dan karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2007.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2008.

Sudjana, Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2007.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka belajar, 2010.

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta:Bumi Aksara, 2008.

Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.